Perjalanan Hidupku di Rawamalang

Posted: 10 Juni 2010 in " Pribadi "

Sena-seni Kehidupan di Rawamalang . . . . .

panorama

panorama

Aku adalah anak seorang bapak pensiunan dari kapten kapal pengangkutan barang tetapi tidak dapat merasakan pensiunannya karena sebelum bapak pensiun, kapal yang beliau kemudi meledak dan hancur lebur tak bisa di perbaiki. Alhamdulillah nya bapak selamat dan para anak buahnya, hingga kini bapak punya kapal dan akhirnya bapak terpaksa untuk membantu mama di rumah saja. Mama seorang perempuan pekerja keras sebagai seorang buruh cuci pakaian kotor pekerja prostitusi daerah rawamalang. Namun bagiku itu bukan kerjaan yang kotor atau haram, tetapi sebaliknya pekerjaan itu masih baik pendapatannya dan hasilnya pun halal untuk menafkahi keluarga. Sudah hampir 12 Tahun aku ikut orang tua tinggal di rawa malang, karena sebelumnya aku tinggal bersama kakek dan nenek di jawa tengah. Banyak pelajaran dan perhatian yang ku terima selama ku tinggal di rawa malang, dari berhidup sosial dengan teman, tetangga dan warga rawa malang. Daerah yang dekat dengan daerah prostitusi tak menggubah keimananku untuk mendekatkannya. Tetapi untuk memerangi dan mencegah orang lain untuk medekatkannya. Berprinsip hidup sosial yang di ajarkan Almarhum kakekku membuat aku tersadar bahwa berbuat baik kepada orang lain adalah perbuatan yang terpuji, mulia, dicinta ALLAH dan perbuatan yang sering di lakukan oleh rasulullah dalam kesehariannya.

Merasakan hidup sederhana adalah kebiasaanku dari sejak ku sekolah dasar yang punya jajan Cuma Rp. 200,- hingga SMP Rp.2000,- dan SMK Rp. 3000,- bahkan kini hingga kerja pun ku biasakan hidup sederhana dan menerima keadaan walaupun hati kecil pernah merintih untuk ingin merasakan lebih seperti orang lain rasakan. Tapi itu menjadi motivasi aku untuk bisa merasakannya. ALLAH itu maha Adil kepada semua hambaNya, jika kita berusaha pasti ALLAH akan memudahkannya.

Berawal dari ingin mengenang pesan dari Almarhum Kakekku, kini ku bisa mendirikan sebuah sanggar belajar dan berkumpul untuk mengumpulkan para putra-putri bangsa di rawamalang untuk menuangkan semua kecerdasannya dalam aplikasi kesehariannya. Syukur Alhamdulillah berkat kasih sayang ALLAH, sanggar belajar dan berkumpul ini di jalani oleh 6 orang Peduli Mba’ Ibeth, Juned, Wawan, Andi, Mul dan Sukma dan sudah memiliki adik bimbing dari jenjang belum sekolah hingga kelas IX SMP. Perjalanan kita adalah Sosial, tak ada se-persen pun ingin kita terima, kita Cuma mencari keberkahan hidup dan ridho dari ALLAH saja yang kita cari. Tak ada Sponsor ataupun pihak pendukung, kita hanya mencari seorang sosok Hamba ALLAH yang memiliki rasa kepeduliaan kepada pendidikan anak orang bawahan ataupun kelas I, yang kegiatan orang tuanya pemulung, tukang ojek, tukang becak, buruh cuci, pedagang keliling, nelayan bahkan ada orang tua yang kerjaannya sesekali ada panggilan ajakan kerja..

Sudah hampir berjalan 1 tahun sanggar belajar yang ku dirikan dan ku jalani kini. Sudah banyak pelajaran atau bimbingan ku berikan dan banyak pula yang mereka aplikasikan. Kini mereka pun sudah memasuki semester dua, akan ada kenaikan kelas bagi kelas I s.d V dan VII s.d VIII, dan sudah kelulusan bagi kelas VI SD dan IX SMP. Berarti mereka yang kelas VI dan IX akan melanjutkan ke sekolah yang tinggi, tetapi dengan keadaan ekomoni yang mereka alami membuat mereka pesimis untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. “andaikan ku bisa meringankan beban mereka untuk melanjutkan ke sekolah yang mereka inginkan pasti akan ku membantunya, tetapi apa daya keterbatasanku yang membuat ku hanya bisa membantu mereka untuk bisa memasukkan mereka ke sekolah negeri yang mereka pilih, tetapi seragam dan perlengkapan yang lainnya ku tak bisa, karena ku juga memiliki adik 4 orang yang semua juga sekolah. Ya ALLAH mudahkanlah hambaMu yang sedang dalam kesulitan ini ya ALLAH….. Apakah mereka bisa merasakan ke sekolah tingkat atas seperti apa yang kurasakan..??? ya ALLAH hamba memohon kepadaMu bukakanlah pintu hati para darmawan dari golongan-golongan pecintaMu ya ALLAH . . . . Nia, ajis, dian, yadi, neni, andi, ayu, tomi, kamu pasti bisa merasakan seperti kakak, ALLAH pasti akan memudahkan langkah kalian untuk mecapai cita-cita kalian….

Sungguh hanya Engkau yang akan memberikan jalan yang terbaik untuk mereka, Engkau yang menurunkan aku untuk membantu mereka….. hanya dengan cara ini aku bisa membantu mereka,,, semoga Engkau akan membukakan mata hati para penyembahMu’…….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s