Profile Juan Mata

Posted: 28 Februari 2012 in Aris Djunaedi, Kehidupan, Mimpi-Mimpi, Profile
Profile Juan Mata

Profile Juan Mata

Juan Mata memiliki yang nama panjang “Juan Manuel Mata García”, nama ini menggunakan kebiasaan penamaan Spanyol; nama keluarga pertama atau ayah adalah Mata dan nama keluarga kedua atau ibu adalah García. Dia Lahir di Burgos, Spanyol pada tanggal 28 April 1988 dan sedang berjalan 24 Tahun. Dia merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Spanyol yang bermain sebagai gelandang Sayap dan juga di operasikan sebagai Gelandang Menyerang yang Kidal bernomor punggung 10 (nomor favoritenya) yang saat ini untuk Chelsea dan tim nasional Spanyol (Juara Piala Dunia 2010).

Singkat Dirinya :

Mata memulai karir sepak bola di Oviedo pengeluaran Estat tiga tahun ada, bergabung dengan Real Madrid. Dia berkembang melalui tim junior dan berhasil lulus dari akademi muda mereka. Pada Maret 2007, ia menandatangani untuk Valencia CF dan menghabiskan sebagian besar karir seniornya dengan mereka, membuat 174 penampilan, sebelum menandatangani untuk klub Liga Premier Chelsea pada Agustus 2011, untuk biaya di wilayah sebesar £ 23,5 juta. Pada tanggal 27 Agustus 2011, Mata melakukan debut dan mencetak gol untuk Chelsea melawan Norwich City, di mana ia masuk sebagai pemain pengganti.


Karier di Club
“Junior”

Mata mengawali karier bersama Real Oviedo, klub tempat ayahnya Juan Manuel Mata Sr., yang juga pemain sepak bola profesional, menghabiskan sebagian besar masa kariernya. Ia bermain selama tiga tahun untuk Oveido sebelum Real Madrid merekrutnya saat ia berusia 15 tahun dan bergabung dengan tim junior Juvenil C dan Juvenil A

Pada musim 2006—07, Mata bergabung dengan Real Madrid Castilla dan mengenakan nomor punggung 34. Pada akhir musim, ia tampil sebagai pencetak gol terbanyak kedua di belakang Álvaro Negredo, walau Castilla harus mengalami degragasi dari Segunda División B.
Valencia

Pada Maret 2007, Mata bergabung dengan Valencia.

Pada musim 2007—08, Mata mendapat tempat di tim utama Valencia seiring cederanya Vicente Rodríguez dan keputusan membangkucadangkan Miguel Ángel Angulo oleh pelatih Ronald Koeman saat itu. Pada 20 Maret 2008, Mata mencetak dua gol saat Valencia bertemu Barcelona pada semifinal Copa del Rey yang mengantarkan Valencia bertemu Getafe CF pada pertandingan final. Ia mencetak gol pembuka kemenangan 3–1 atas Getafe CF pada 16 April. Para penggemar Valencia memilih Mata sebagai Pemain Muda Terbaik pada musim tersebut.

Mata mencetak gol ke gawang bekas klubnya Real Madrid pada pertandingan pertama Piala Super Spanyol 2008 yang dimenangkan Valencia 3–2. Namun, Valencia kalah aggregat 5–6 setelah kalah dengan skor 2–4 pada pertandingan kedua.

Mata saat berada di Ciudad Deportiva de Paterna pada tahun 2009

Mata memulai musim 2008—09 dengan baik. Ia mencetak gol pembuka pada kemenangan Valencia 3–0 atas Real Mallorca. Ia juga mencetak gol semata wayang kemenangan Valencia atas CA Osasuna.

Mata menjadi kreator kedua gol David Villa saat kemenangan tandang 2–0 atas Málaga CF pada 25 September 2008. Tiga hari berselang, ia juga tampil cemerlang pada kemenangan kandang 4–2 atas Deportivo de La Coruña dengan mencetak sebuah gol dan menjadi kreator ketiga gol lainnya.

Mata mencetak dua gol penting yang membawa kemenangan bagi Valencia, yaitu: saat tandang ke Sporting de Gijón yang berakhir dengan skor 3–2 dan sebuah gol tendangan penalti saat menjamu Sevilla FC, yang berakhir dengan skor 3–1. Pada akhir musim, Mata membuat catatan 11 gol dan 13 umpan gol.

Pada dua musim terakhirnya bersama Valencia, Mata mencetak 17 gol dari 68 penampilan pada semua kompetisi dan berhasil membawa Valencia berada di posisi ketiga klasemen La Liga. Ia mencetak dua gol pada kemenangan kandang 5–0 atas Villarreal CF.

Pada 9 Mei 2011, jurnalis Guillem Balagué melaporkan beberapa klub dari Liga Utama Inggris tertarik untuk merekrut Mata.

Chelsea

Valencia dan Chelsea mencapai kesepakatan dalam proses transfer Mata pada 21 Agustus 20011. Pada 24 Agustus 2011 Mata menandatangi kontrak bersama Chelsea untuk masa kontrak lima musim. Mata mengatakan Fernando Torres turut berperan membujuknya untuk bermain di Chelsea. Ia kemudian mengenakan nomor punggung favoritnya (10) setelah rekan satu tim Yossi Benayoun memberikan kepadanya secara sukarela.

Musim 2011–12
Mata sebelum pertandingan Chelsea vs. Norwich City.
Mata melakukan debut bagi Chelsea saat masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Florent Malouda pada kemenangan kandang 3–1 atas Norwich City pada 27 Agustus 2011. Ia juga membuat gol liga pertamanya pada pertandingan tersebut. Pada 13 September 2011, Mata membuat debut Liga Champions UEFA saat Chelsea menghadapi Bayer Leverkusen. Ia mencetak gol keduanya yang juga gol Liga Champions perdananya bagi Chelsea pada pertandingan tersebut. Chelsea memenangkan pertandingan tersebut dengan skor akhir 2–0. Mata membuat satu assist bagi Daniel Sturridge saat kemenangan tandang 5–1 atas Bolton Wanderers, pada 2 Oktober 2011. Pada 29 Oktober 2011, Mata kembali mencetak sebuah gol saat kekalahan kandang 3–5 dari Arsenal. Mata menjadi kreator bagi dua gol yang dicetak John Terry dan Daniel Sturridge serta mencetak gol penutup kemenangan 3–0 Chelsea atas Wolverhampton pada 26 November 2011. Pada 26 Desember 2011, di laga boxing day, Mata mencetak sebuah gol saat Chelsea ditahan imbang Fulham 1–1.

Pada 8 Januari 2012, Mata melakukan debut bermain sejak menit awal bagi Chelsea di ajang Piala FA saat menghadapi Portsmouth. Chelsea memenangkan pertandingan dengan skor 4–0 dan ia mencetak satu gol pada laga tersebut. Pada pertandingan Chelsea selanjutnya di ajang Piala FA, Mata mencetak satu-satunya gol kemenangan atas tuan rumah Queens Park Rangers melalui eksekusi tendangan penalti pada 28 Januari 2012. Ia kembali mencetak satu gol di pertandingan berikut, saat Chelsea ditahan imbang Manchester United dengan skor akhir 3–3 pada 5 Februari 2012. Pada 21 Februari 2012, Mata mencetak satu-satunya gol Chelsea saat kekalahan tandang 1–3 dari Napoli pada putaran pertama babak 16 besar Liga Champions UEFA.

Karier di Timnas
Mata telah bermain untuk berbagai tingkatan umur dari tim nasional Spanyol, yakni: timnas U-16, timnas U-19, timnas U-20, timnas U-21, dan senior. Ia termasuk dalam skuat Spanyol pada Piala Dunia FIFA 2010.

Prestasi

* Valencia CF
Copa del Rey: 2007–08
Piala Super Spanyol: Juara kedua 2008

* Spanyol
Piala Dunia FIFA: 2010
Piala Konfederasi FIFA: Juara ketiga 2009

* Spanyol U-19
Kejuaraan UEFA U-19: 2006

* Spanyol U-21
Kejuaraan UEFA U-21: 2011

* Individual
Kejuaraan UEFA U-21 2011: Sepatu Perunggu
Kejuaraan UEFA U-21 2011: Pemain Pemberi Umpan Gol Terbaik
Kejuaraan UEFA U-21 2011: Tim Pilihan
__________________________________________________________________________________________________
ini sedikit Profil tentang “Juan Mata”, sang Gelandang Sayap Kidal yang Handal dan Profesional dalam mengoperasikan bola…. semoga bermanfaat untuk para Pembaca yg ingin mengetahui profil tentang dirinya…
terima kasih atas kunjungan para pembaca….

“Aris Djunaedi”

Aris Djunaedi

Aris Djunaedi

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s